Pages

Thursday, March 27, 2014

MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN (Customer Relationship Management/CRM)


BAB III
MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
(Customer Relationship Management/CRM)

3.1.            Pengertian CRM
Para ahli memiliki definisi yang berbeda-beda mengenai CRM. Secara umum CRM dapat diartikan sebagai strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.
Menurut Kotler dan Armstrong (2004, pp. 16-23), customer relationship management merupakan proses membangun dan mempertahankan hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan pelanggan melalui penyediaan pelayanan yang bernilai dan yang memuaskan mereka. CRM dapat pula didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran dan pelayanan yang terkoordinasi (Kalakota dan Robinson 2001). CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut (Laudon dan Traver 2002).